Sudah Amankah Situs Web Yang Anda Kunjungi ?

Biasa menggunakan internet dan browsing, namun jarang untuk di ketahui yaitu Sudah Amankah Situs Website Yang Anda Kunjungi ?. umumnya ada pengguna internet menganggap hal ini cuek tidak peduli dan biasa saja karena efeknya tidak langsung terjadi diwaktu yang sama.
Pernahkan anda suatu hari pada saat mngetikkan keyword di browser google, ataupun yahoo kemudian hasil result terjadi tanda-tanda aneh pada hasil pencarian anda. seperti tanda tanya (?) tanda silang warna merah (x) tanda kuning atau tanda centang warnadr hijau (ok). tapi nanti dulu apa yang saya sebutkan sebelumnya dari ke tiga tanda tidaklah tampak atau terlihat jika di komputer anda tidak ada anti virus internet, atau tidak terinstall software security internet, anti spyware dan semacamnya.
Nah jika komputer yang biasa anda gunakan untuk browsing sudah terinstall software keamanan, maka anda akan tahu website atau situs mana saja yang berkategori berbahaya untuk sistem komputer anda. silahkan lihat screenshot berikut:
 Gambar diatas tiba-tiba saya temukan sejak beberapa bulan lalu yang sebelumnya situs tersebut oke saja dan tidak ada peringatan seperti nampak pada gambar. Apakah situs web ini benar berbahaya ? nah kembali pada kita lagi, apakah aktifitas internet anda belakangan ini terjadi gangguan atau tidak. atau software komputer kita sering bermasalah. bisa jadi salah satu penyebabya karena kita sering mengunjungi situs web yang berkategori berbahaya seperti nampak pada gambar.
contoh beberapa situs yang berkategori berbahaya biasanya situs yang memuat konten dewasa (situs porno) atau bisa saja website biasa namun karena telah terinfeksi virus dan lama dibiarkan maka akan terjadi hal seperti nampak pada gambar. 

Sudah amankah Situs web Yang kita kunjungi ?
berikut ada beberapa tool yang bisa anda gunakan untuk pengecekan sudah aman atau belum,


(4) atau coba masukkan nama domain web/situs yang mau anda uji.
     https://www.siteadvisor.com

Mengunjungi website adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas tersebut. maka untuk melakukan pencarian informasi umumnya kita sudah terbiasa menggunakan bantuan mesin pencari (search engine) yang terpercaya dalam hal pengindeksan data informasi seperti Google Search ataupun Yahoo Search. Namun sayangnya kedua mesin pencari terbesar di dunia tersebut sama sekali tidak membedakan sumber indeks datanya, apakah berasal dari website yang aman untuk dikunjungi atau rawan/berbahaya/cukup mengganggu untuk dikunjungi karena mengandung malware yang umumnya berupa spyware, adware, trojan, virus, worm, spam, dan exploit scripts. Oleh karenanya, para pengunjung tidak tahu apakah situs yang akan dikunjungi tergolong safe to visit, not too safe to visit, atau dangerous to visit karena tiadanya informasi dan peringatan keamanan pada halaman website (web security warning) dari Google maupun Yahoo!. Sebagai solusinya silahkan anda coba install software aplikasi tool diatas atau melalui addon firefox.

Web Security Guard akan menampilkan Pop Up window untuk memberikan Opsi kepada User untuk “Back (Don’t Go To Site)”, “More Info”, dan “Enter Site (Go To Site)”

McAfee Site Advisor akan memberikan Ikon Tanda: “Tanda Centang”, “Tanda Silang”, “Tanda Seru”, dan “Tanda Tanya” pada Link-Link/URLs dengan keterangan sbb.:

Tanpa Warna dengan Ikon Tanda Tanya/Question Mark:
= Situs belum sempat dikunjungi McAfee Team
Warna Hijau dengan Ikon Tanda Centang/Check Mark:
= Situs Aman untuk dikunjungi, serta Aman bagi pengunjung untuk melakukan Browsing, Registration, LogIn/Sign Up, ataupun Data Transferring (Uploading/Downloading/File Sharing), etc..
Warna Kuning dengan Tanda Seru/Exclamation Point:
= Situs Tidak Terlalu Aman untuk dikunjungi karena mengandung Malware yang cukup mengganggu pengunjung.
Warna Merah dengan Tanda Silang/Cross Sign:
= Situs Tidak Aman/Berbahaya/bersifat mengganggu bila dikunjungi karena mengandung Malware/Malicious Script(s) yang bisa menginfeksi komputer Pengunjung dan/atau mengganggu Pengunjung.

Sedangkan LinkScanner Lite, walau juga melakukan pengecekan terhadap script, konten dan fasilitas downloader yang dianggap berbahaya pada suatu website, namun sayangnya Tool ini tidak melakukan pengecekan terhadap keberadaan spyware maupun adware pada suatu website. Tool ini juga terintegrasi dengan Search Engine Web Browser.

Pastikan salah satu software keamanan diatas terinstall pada komputer anda terlebih dahulu sebelum anda melakukan browsing di internet. namun bila Anda tidak berkeinginan untuk menginstal, anda disarankan untuk berkunjung ke situs resminya melalui Link software tersebut di atas untuk melakukan Online Website Check. ingat lebih baik mencegah daripada komputer anda kena imbasnya karena situs web yang kita kunjungi ternyata tidak aman. Semoga Bermanfaat ! 

893 comments:

«Oldest   ‹Older   1001 – 893 of 893   Newer›   Newest»
«Oldest ‹Older   1001 – 893 of 893   Newer› Newest»

Post a Comment

Blog ini "DOFOLLOW" Silahkan berkomentar sesuai Topik, Tindakan/Komentar Spam atau "Out Of Topik" terpaksa saya Hapus.

Related Posts with Thumbnails

Popular Posts


 

Design by Blog Info Teknologi